Saturday, July 30, 2016

Terminal 3 Ultimate Siap Dioperasikan! Yuk Intip Kemegahan nya

Bandara Udara Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta diperkirakan akan beroperasi pada 9 Agustus 2016. Berbagai persiapan serta simulasi telah dlakukan secepat mungkin oleh PT Angkasa Pura II. Kesiapan dari 3 hal utama yaitu safety, security, dan service pun sudah cukup untuk izin pengoperasian terminal baru ini, termasuk pembangunan menara AMC (Apron Movement Control) yang selama ini menjadi polemik tertundanya pengoperasian terminal ini.

Berikut kecanggihan dan kemewahan yang dimiliki oleh T3 Ultimate:


1. Sistem Keamanan Terminal 3 Ultimate Bisa Deteksi Bom dan Identifikasi Wajah



Dirut AP II Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa "Dibagian pemeriksaan maupun bagasi diberikan pengawasan lebih ketat dan pengamanan maksimal dengan teknologi canggih. Jadi baggage system kita bisa menangkap bom, jadi tidak hanya men-detect tapi menangkap bon dan CCTV yang dipasang di 500-600 titik dibandara yang bisa mengidentifikasi DPO, ini teknologi tinggi." dikutip dari detik.com

2. Identitas Penumpang Diketahui 72 Jam Sebelumnya



"Di terminal 3 Ultimate ada sistem komputer surveillance, manusia maupun barang yang canggih, jadi penumpang sebelum kesini sudah diketahui identitasnya 72 jam sebelumnya. Beli tiketnya pakai Credit Card, tujuannya kemana, siapa, sama siapa." jelas Menko Kemaritiman, Rizal Ramli saat mengunjungi Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Jumat (24/06/2016).

3. Kecanggihan Sistem Bagasi T3 Ultimate Setara Changi dan Heathrow



Sudah banyak terjadi kasus pembongkaran bagasi penumpang ketika bagasinya dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Tapi tetapi mulai sekarang penumpang tidak perlu khawatir lagi akan keamanan barang bawaannya. Lewat teknologi canggih Barcode System yang meminimalkan keterlibatan orang, barang bawaan penumpang lebih aman dan lebih cepat sampai di area pengambilan bagasi. 

"Selama ini pakai satu atau dua porter, kalau ini otomatis melalui Barcode System. Kecepatan lebih cepat dan keamanan lebih aman untuk menghindari kontak dengan manusia. Less people untuk pengelolaan bagasi." Jelas Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura II, Faiq Fahmi di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Jumat (24/06/2016).

4. Kaca 3 Lapis Jadi Dinding T3, Kurangi Panas dan Hemat Energi



Meski tak dijelaskan lebih jauh apa saja jenisnya, namun kaca-kaca tersebut memiliki fungsi untuk menahan panas matahari agar yang masuk keruangan hanya cahayanya saja.

"Energy effiency measurement, itu juga kita lakukan. ini untuk mengurangi over thermal value, jadi agar tidak langsung terpapar sinar matahari." Kata Benyamin saat ditemui di area Terminal 3 Ultimate. Kamis (16/06/2016).

5. Fully Intelligence Building Management System (IBMS)



Teknologi ini membuat Terminal 3 menjadi bangunan yang mengusung konsep ECO Green. Sehingga dapat mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik, dsb.

6. Rain Water System dan Recycle Water System



Mampu mengolah air hujan untuk digunakan sebagai air bersih dan mengolah air toilet untuk kembali menjadi air toilet untuk menghemat air.


Mari Kita Telusuri Sama-sama Melalui Cuplikan Video Berikut:






No comments:

Post a Comment