Tuesday, August 2, 2016

Tips Membeli Smartphone Bekas Agar Kamu Gak Ketipu!

Smartphone bekas memang bisa menjadi alternatif paling pas buat kamu yang mau beli smartphone terkini, tapi dengan harga "ramah" di kantong. Tapi bagaimana cara memilih smartphone bekas yang berkualitas? Jangan sampai smartphone yang kamu beli malah tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

Berikut sejumlah tips memilih smartphone bekas agar kamu tidak kecewa membelinya.




1. Cek harga smartphone bekas dengan harga pasaran saat ini

Jangan langsung senang jika penjual smartphone bekas memberikan mu harga yang sangat rendah, karena bisa jadi smartphone tersebut punya kekurangan bahkan sudah ada yang rusak. Jadi, pintar-pintarlah membandingkan harga.

2. Cek terlebih dahulu kondisi fisik smartphone 

Lihat terlebih dahulu kondisi fisik smartphone yang ingin dibeli, apakah masih mulus atau sudah cacat? Kondisi fisik juga sangar berpengaruh dalam soal harga.

3. Cek fitur yang terdapat di dalam smartphone

Seperti kamera, tombol / touchscreen nya masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak, speaker dan microphone, pastikan kondisi baterai dalam kondisi baik, cek apakah kabel usb bisa digunakan, pastikan smartphone dapat menarik sinyal dengan baik, dan berbagai fitur lainnya.

4. Periksa kelengkapan 

Sebelum membeli, pastikan kamu mengecek kelengkapan smartphone bekas tersebut. Kadang, kelengkapan smartphone bekas memengaruhi harga. Jika tidak memiliki aksesori seperti earphone, kabel USB+charger atau bahkan boks, harga yang dijual pasti akan terjun bebas.

5. Cek nomor IMEI

Mengecek nomor IMEI merupakan hal yang sangat penting untuk keaslian smartphone yang kamu beli, pastikan nomor IMEI yang ada di smartphone kamu dan yang tertera di box hp memiliki nomor yang sama, Khusus bagi pengguna Android, kamu bisa memasukkan kode *#06# untuk mengecek nomor IMEI.

6. Garansi

Ini yang paling penting. Sebelum membeli smartphone bekas, kamu harus mengecek apakah smartphone itu masih memiliki garansi atau tidak. Karena jika tiba-tiba terjadi kerusakan bisa di perbaiki dengan menggunakan garansinya.


No comments:

Post a Comment