Friday, August 19, 2016

What ? Buah Pisang Tidak Lama Lagi Akan Punah , Kok Bisa ?



infoglobalseru.blogspot.com , siapa sih yang tidak pernah memakan buat pisang ? ada yang berwarna kuning dan agak kehijauan , selain rasa nya yang enak dan manis buah ini juga menyimpan berbagai banyak manfaat lain nya. Tetapi akhir-akhir ini muncul isu kalau buah pisang akan segera musnah 5-10 tahun kedepan nya.

Menurut para penelitian mereka menemukan genom dari tiga penyakit jamur yang saat ini menyerang ladang pisang . Jamur tersebut dapat terbilang sangat berbahay dan mengancam pertumbuhan pisang.
Mereka menemukan jenis jamur lain yang tidak pernah mereka lihat sebelum nya dan menyebabkan penyakit yang bernama Panama. Penyakit ini telah merusak usaha karantina dan menyebar ke seluruh negara Asia Selatan, Timur Tengah dan Australia , menyebabkan ancaman serius pada perkebunan pisang.

Penelitaan pun berlanjut hingga di buat tim khusus yang bernama Sigatoka , Untuk pertama kali nya para penelitian dari Universitas California, Davis dan tim nya mengelompokkan Genom-genom tersebut kedalam tiga klasifikasi Sigatoka

- Sigatoka Kuning (Pseudocercospora musae )


 -  bintik daun eumusae


 Sigatoka hitam (Pseudocercospora figiensis)











Mereka mengatakan bahwa kelompok jamur tersebut semakin berbahaya dan mempunyai pengaruh buruk bagi sistem imum pohon pisang . Menurut Ioannis Stergiopoulos, salah satu peneliti, dua dari tiga penyakit jamur yang paling berbahaya telah menjadi lebih berjangkit dengan memperkuat kemampuan mereka untuk  menyerap semua nutrisi yang ada.

Pisang paling rentan terjangkit penyakit global karena memiliki gen yang sama akibat tumbuh dari potongan batang induk yang sama , bukan dari biji.
Perubahan paralel dalam metabolisme patogen dan sel induk pohon telah menjadi perhatian serius saat ini. Penyakit ini telah menjadi alarm kepada semua komunitas peneliti agar segera mencari mekanisme serupa antara patogen dengan sel induk tanamannya. kebanyakan orang karena mayoritas menganggap bahwa mereka akan selalu ada karena bisa diperbaharui saking gampangnya ditemui dan ditanam. Namun kenyataannya, mereka sangat-sangat rapuh terhadap spesies patogen. Hal ini disebabkan karena pisang merupakan variasi buah tipe Cavendish. Tidak seperi kebanyakan tanaman lain, pisang tumbuh dari pemotongan batangnya, bukan dari biji. 

Namun ada kemungkinan pisang bisa di selamatkan dari kepunahan 5 tahun kedepan nya , salah satu cara nya dengan mengembangkan metode kultivar terbaru untuk bisa membentuk jenis pisang jenis baru yang lebih kuat terhadap penyakit. Peneliti juga akan menghasilkan genetik baru agar tahan dengan tiga jeni penyakit Sigatoka tersebut. Tapi hal tersebut dapat menyebabkan efek samping bagi pisang tersebut.

Ya semoga saja para penelitian menemukan cara agar pisang tidak punah dan dapat berkembang lagi , agar kedepannya anak cucu kita dapat merasakan buah tersebut.


No comments:

Post a Comment